post

Kabin Daihatsu All-New Terios Apa Kata Mereka

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah resmi perkenalkan low SUV generasi keduanya, All New Terios. Bukan hanya berubah dari sisi eksterior tapi juga merambat sampai bagian interiornya.

Setelah meluncur pada akhir November 2017 lalu, All-New Terios akhirnya keluar kandang. Pihak Daihatsu menggelar sesi test drive menjelajah Padang, Sumatera Barat dan ini jadi pengalaman pertama buat KompasOtomotif ikut merasakan sensasi penantang Honda BR-V ini.

Cerita perkenalan lebih dalam dengan Terios terbaru, diawali dengan duduk pada bangku pengemudi. Membuka pintu, kemudian masuk dan duduk, jok berlapis bahan fabric dengan desain yang diklaim mengalami pembaruan, tak terlalu mengesankan.

Terios bertransmisi matik varian tertinggi R Deluxe, jadi unit yang bakal dicoba bersama dengan tiga rekan dari media lain dalam satu mobil. Dari data spesifikasi, tipe ini memiliki semua kelengkapan fitur dibanding tipe lainnya.

Sementara bagian kemudi, hanya bisa disetel tinggi rendahnya (tilt steering), dan belum teleskopik. Menutup pintu mobil, suara yang dikeluarkan tak terdengar cempreng ala-ala mobil kaleng, terasa mantap, suasana kabin cukup kedap.

Paling tidak, tubuh tidak merasakan pegal dan sakit ketika mengendarai Terios dalam waktu yang lama, dengan jarak tempuh yang panjang. Kursi juga bisa disesuaikan sudut kemiringan (reclining) dan ketinggiannya, serta bisa digeser maju-mundur untuk disesuaikan dengan posisi ideal.

Ketika dikonfirmasi, pihak Daihatsu mengaku sudah meningkatkan kekedapan dengan menambah beberapa komponen. Bahkan ketika menyalakan mesin, suaranya mesin saat pertama kali di-starter tak mengganggu ruang kabin, terutama baris depan.

Selain steering switch atau tombol-tombol pengatur audio di setir yang sudah ada pada Terios generasi pertama varian R, Daihatsu menyematkan fitur Around View Monitor (AVM) alias kamera 360 derajat menemani Rear Parking Camera. Bisa dibilang, fitur ini yang paling mengesankan dari Terios baru, lainnya relatif biasa.

Pihak ADM melahirkan Terios generasi kedua ini melalui riset yang panjang. Dibandingkan dengan model sebelumnya, fitur-fitur baru yang sudah cukup populer “zaman now” sudah ditambahkan khususnya untuk kebutuhan pengemudi.

Jika sekiranya pengemudi merasa tidak perlu dibantu oleh fitur AVM, pihak Daihatsu sudah menyediakan tombol yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi fitur ini, posisinya menempel di dasbor belakang kemudi.

Namun memang, tak semua fitur tersebut ada di seluruh varian, di mana yang paling lengkap yaitu varian R Deluxe, atau unit yang digunakan untuk test drive media. Jadi kenalan pertama degan Terios generasi terbaru berjalan lancar, tanpa ada rasa “ilfeel” (ilang feeling), karena memang sejak awal tak berekspektasi tinggi.

Tak perlu repot lagi memutar kunci, menyalakan Terios baru hanya tinggal memencat tombol Engine Start-Stop saja. Pengemudi juga dimanja dengan teknologi Auto On Headlamp, di mana lampu akan menyala otomatis ketika kondisi gelap.

Fitur lainnya yang disematkan supaya tak merepotkan pengemudi dan demi keamanan, ada Speed Sensing Auto Door Lock, di mana sistem akan memastikan pintu terkunci secara otomatis ketika mobil berjalan.

sumber: kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *